Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh civitas akademik yang menduduki jabatan fungsional (dosen). Pengabdian kepada masyarakat merupakan perwujudan komitmen profesional civitas akademik dalam ikut serta aktif mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penerapan kompetensi keilmuan bidang Manajemen, Akuntansi dan Keuangan Perbankan.

Dalam perkembangannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengalami perkembangan yang dinamis, baik dari aspek bentuk kegiatan, ragam kegiatan, kelompok sasaran memperoleh manfaat, pendekatan, dan sumber pembiayaan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Hampir pada semua sektor, baik di tingkat pusat dan daerah menyediakan biaya pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Perkembangan yang dinamis ini memberikan dampak pada berkembangnya kreativitas civitas akademik dalam mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Di samping kegiatan pengabdian yang pelaksanaannya didukung pembiayaan dari pihak luar, dan perguruan tinggi tempat mengabdi, civitas akademik dapat melaksanakan kegiatan pengabdian swadana, dibiayai oleh dirinya sendiri. Tentunya pengabdian kepada masyarakat swadana dilaksanakan secara melembaga, melalui prosedur resmi yang diatur oleh perguruan tinggi. Pada penjelasan selanjutnya dijelaskan mengenai pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen tetap STIE Ekuitas dengan pembiayaan baik dari dalam (hibah internal) maupun dari luar (hibah eksternal).

Kegiatan pertama dalam program kerja P3M dimulai dengan pembuatan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk mendapatkan hibah internal STIE Ekuitas.Hibah internal pengabdian kepada masyarakat dilakukan secara berkelompok dengan beranggotakan maksimal sebanyak 3 orang.

Setelah masing-masing kelompok membuat proposal baik untuk penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat dilakukan coaching pada proposal yang masuk. Metode coaching dipilih bertujuan agar seluruh proposal yang masuk diharapkan bisa masuk juga ke Hibah DIKTI baik untuk beberapa skim penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Setelah proses coaching para peserta (dosen tetap) melakukan revisi pada proposalnya.

Untuk reviewer terdiri dari masing-masing 3 orang baik untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.Reviewer ditunjuk oleh P3M dengan pertimbangan sudah mendapatkan Hibah DIKTI sebelumnya baik di skim penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Reviewer dan coach adalah orang yang sama.

Total jumlah proposal pengabdian kepada masyarakat adalah sebanyak 21 judul yang diikuti oleh 54 dosen tetap STIE Ekuitas. Berikut ini merupakan alur P3M 2015/2016